Kamis, 11 Juni 2009

Hyundai Trajet


Bagi penggila mobil Hyundai khususnya Trajet anda tidak salah pilih untuk membaca blog ini
karena dari segala macam ulasan tentang mobil yang satu ini akan dibahas di blog saya.




A. Kecepatan Gas Pada Trajet:



Problem:

Meuju puncak tidak ada tarikan terasa berat sekali.apa lagi pada waktu masuk gigi setelah turunan.
padahal mobil sudah tdi tune up terlebih dahulu
kenapa ya?



Solution:

Cek kampas kopling. Apa sudah tipis?

Coba ganti kampas kopling komplit plus service rem dan stel AFR nnya, tarikan ngisi terus, cuma emang maksimum torsi di atas 3000 rpm. coba yang tanjakannya lebih ekstrim dari puncak, maknyuuusssss deh pokoke.. trajet ane manual, 2000 cc, yang matic ga tau dah..


Klo ga ada tarikan, coba cek rem dulu, sapa tau kampas rem tipis, atau disc nya peang atau baut dudukannya kendor, jadi kampas rem nempel terus di disc nya, signifikan ngurangin tenaga, kelar urusan rem, baru kopling dan mesin..

Kalo mau ngetes kempas kopling diganti ato engga coba,

injek pedal kopling sama rem bersamaan, kemudian pelan-pelan lepas pedal remnya.

Klo mesinnya mbrebet terus mati tandanya kopling masih bagus, tp kl mbrebet doang, siap-siap ganti kopling.



Belanja:

1 set tanya di ITC Fatmawati sekitar 1,6 juta, belon sama pasang. Gak tau klo di Beres.
Kalo matic saya agak awam, tp kata temen coba di akselerasi mendadak, kl kecium bau angus, siap-siap turun 1 gelondong perseneleng maticnya.





B. Kerusakan umum Trajet bunyi “gladak-gluduk”



Problem:

mobil bunyi "gladak-gluduk" , terdegar di bagian belakang.
kata orang2,dan montir trajet masalah di bagian depan kiri, karena di bagian belakang tidak pernah terjadi.


Solution:

Cek dulu seperti engine mounting depan sama belakang, satu set balljoint (kalo ngga salah satu set sama dengan arm ada 3 joint), joint stabillizer, tierod pendek, rem depan, karet lengan arm (kalo ngga salah) dan packing mesin + packing busi,

Coba kalau kasus habis ganti shock.

mengalami bunyi gluduk2 di daerah belakang mobil trajet, saya cari2 bersama orang bengkel ternyata berasal dari shock. Saya bilang sama orang bengkel kalo shocknya baru, kemuadian dia bongkar shocknya trus di cek, kemudian dipasang kembali. Setelah di coba, bunyi gluduk2nya hilang. Orang bengkel bilang kemungkinan pemasangan shock yg tidak benar atau kendor bisa. karena untuk trajet untuk daerah belakang tidak ada apa2 kecuali per dan shock.



Belanja:

Untuk part total 1,920,000,- (semua part ambil dari alfa omega Atrium Senin).

Untuk jasa pengerjaan 580rb (proyek senen) karena pasang engine mounting dihitung mahal.

Mobil bisa di cek dulu sebelum ganti part.
Dan sekarang mobil dah enak kaki2 nya seperti baru.

1. Bushing ARM --> Rp.(lupa, heheh)
2. Link Stabilizer (CTR)--> @ Rp. 75.000 (x2)
3. Support shockbreaker (Hyunadi ori) --> @ Rp. 150.000 (x2)
4. Bushing stabilizer depan (Hyunadi ori) --> @ Rp. 25.000 (x2)
5. Engine Mounting belakang (Hyunadi ori) --> @ Rp. 290. 000
6. ongkos pasang semua Rp. 400.000






C. Bagian Rawan Karat



Problem:

Iseng-iseng buka salah satu pintu trajet untuk dikasih minyak/grease, ternyata ada bagian yang rawan karat yaitu pas dibagian dalam handle pintu, dan kebetulan cukup parah (gambar terlampir),.

Ternyata semuanya udah terkena karat akut.....

Solution:

silahkan teman2 yang lain untuk mengantisipasi timbulnya karat ini, soalnya kalo liat strukturnya memang rawan dimasuki air.





D. Support Shock Braker bunyi Setiap Belokan




Problem:

Support shock depan kanan tarjet saya dah bunyi setiap belokan.



Solution:

Shock absorber yg sdh lemah bisa jd problem, pernah juga ada perbaikan diluar suspensi sistem, gak taunya bracket ban serepnya kendor...:),

Salah satu yang serng terjadi karena

karet tatakan arm blakang udah jadi debu

letaknya dikolong sejajar dengan pintu

blakang kiri kanan



Belanja:

Ganti saja, bentar kok, Cuma 30 menit,

harga nya Rp. 160.000 ( non Ori ), ganti di PMK Kemayoran .

Atau ke atrium senin toko alfa omega no telp.021-3844070





E. Lampu Rem



Problem:

lampu rem nyala nah abis lepas rem kan harusnya lampu rem mati ini tetep
nyala sampe udah mati mesin tetep nyala.

Terakhir kocok aja rem nya kadang baru mati.

Mungkin di pedal remnya



Solution:

Bisa dilakukan sendir

ganti pake uang logam, mur atau benda keras lebih baik sementara aja deh.

Truh benda-benda itu di injakkan pedal rem.

tentu nya pabrikan ada alasannya menggunakan benda agak lunak seperti karet..





F. Lampu Kaca Depan



Problem:

Kaca lampu depan sebelah kanan bagian atasnya banyak goresan..

kalo hanya kotor siy masih bisa dibersihkan.. tp ini seperti baret.. khawatir mempengaruhi arah pancaran sinar lampu..



Solution:

Bersihkan.

Kalau kurang kerjaan bisa di lakukan sendiri

Beli amplas duko paling alus (nomor 1500 atau 2000 klo nggak salah)

- siapin ember aer dan sabun colek dan nongkrong didepan mobil

- sokgosok gosok pake sabun, aer dan amplas dan jangan diteken

- hasil awalnya akan burem dan kudu dipoles lagi pake kompon atau wax



Belanja:

Beli di Giant Plaza Semanggi, harganya kalau nggak salah 35 ribu.





G. Oper Persneling



Problem:

Oper persneling, dari 1 ke 2 dan 2 ke 3 terkadang agak sulit masuk,

oli persneling (75W-90)



Solution:

Mainkan tuas perseneling saat mesin tdk hidup, bila seret problem di link transmisi bagian dalam, coba pakai oli multi grade jangan pake rored 90 W, gunakan yg lebih encer, bila sudah panas biasanya tidak seret, bila masih seret juga, sarannya musti di overhaul...karena bagian link tersebut seret karena ada kotoran yg menghalangi kelancaran perpindahan tuas transmisi,.

25 komentar:

Anonim mengatakan...

timakasih, setelah saya membacanya. dengan mudah saya mengetahui masalah trajet, dan ada solusinya.


trims

yogy mengatakan...

Gan...salam kenal...saya pengguna baru trajet 2000 m/t tahun 2001, selama ini belum ada problem cuma pingin masukin ke beres untuk check over all, kira-kira ada saran bengkel mana yang "jujur" ga...? n lampu depan (yg dekat) warnanya putih susu (tidak bening), bisa ga dibersihin dengan cara diamplas...? thank's gan...

##dreams mengatakan...

kalo penegn cek overr all sih, tidak bisa langsung begitu.

jika mobil anda sudah merasa ad sesuatu yang aneh, seperti bunyi pada mesin ataupun kaki2,terdengar dengan kasat teling dan mata. maka anda segera cek saja langsung ke bengkel. dengan saran TIDAK HANYA PADA 1 BENGKEL saja, karena pengalaman kebanyakan montir suka "main-main"

biasanya saya pergi ke sana kemari hingga 2 bengkel, sehingga kita tidak langsung mengetahui apa yang sebenarnya terjadi pada mobil kita sendiri.


Dan kalo anda bersi keras untuk cek overr all, jangan ke HMI resmi, karena biasanya montir sana, pasti menginginkan semua diganti,tampak seperti mobil baru. padahal belum saatnya spare part blm diganti.
biasanya all scan saja 250ribu


atau anda ke HMI, dan minta cek scan saja, sehingga anda mengetahui apa saja yang MEMANG HARUS DIGANTI.

yah' itu balik lagi ke budget anda'


trims'

ardi mengatakan...

Permisi,,,
Jual murah copotan trajet:

1. cylinder head trajet 2.7 V6 komplit kanan kiri cam, HLA mulus
2. header trajet
3. intake trajet
4. dinamo ampere
5. dinamo stater
6. kompresor ac trajet

Semua Rp. 7jt
(Di tambah cylinder head trajet 2.7 V6 kondisi cam baret, power steering, kruk
as, coil, dll ambil semua)

Dafa Propolis mengatakan...

saya punya masalah galdak gluduk jg mas...
dari uraian di atas, solusinya saya masih bingung mas, bisa di jelasin lebih specifik ke solusi gladak gluduk, maklum masih awam dengan mobil.

##dreams mengatakan...

bunyi gladak-gluduk nya kira2 berada di mana?

kalo di depan itu terjadi di shock beaker perlu juga cek lowr arm.
kalo di belakang hanya karet support.

dan parahnya lagi itu bunyi disebabkan oleh dudukan pada ban serep yang tidak pas, sehingga terjadi benturan tempat ban serep dengan bagian belakang.

Anonim mengatakan...

salam kenal,,sungguh blog yg bermanfaat. saya pengguna trajet cvvt 2008 alhmdulillah blm ada mslh sampe sekarang tapi mksih infinya untuk jaga-jaga.

Anonim mengatakan...

numpang tanya ,
trajet saya kalao lewat lubang suaranya dok..dok..., apa masalahnya , dan biaya penggantianya
terima kasih

Anonim mengatakan...

salam kenal..mobil saya hyundai trajet 2.0 thn.2003 !!masalahNy adl,jadi mobil saya suka ngendat2 klo swaktu jalan jauh or kira2 dah panas kondisiNy tp temperaturNy tetap n gak bermasalah,tp perkiraan saya sprti itu,ngendat2 swaktu jalan jauh n kira2 pas bensin saya udah 1kotak menuju empty (dah mau abis)..kira2 masalahNy apa yah saya??klo dibilang coil'ny,saya sudah ganti coil'ny dua2ny karena saran dr bengkel resmi tp stlah itu masalah kembali timbul dan saya sudah habis duit banyak dan feeling saya mungkin saya dicurangin dan si bengkel tidak ganti coil'nya..mungkin gak mas sprti itu??setelah itu,bengkel resmi prediksiin klo masalahNy ada di pompa bensin or tangki bensin yg kotor n perlu di check or ganti saringanNy dan masalahNy adalah disaringan bensin yg di tangki or yg di pompa bensinNy... mobil saya itu klo masalahNy dah mau kambuh,biasaNy RPM'ny menurun drastis tiba2 di jalan n mau d gas tus tp gak naik2 RPM'ny n tiba2 mau mati,trus saya berusaha injek gas trus n baru dia naik lg rpm'ny tp klo gak saya injek gas,pasti bakalan mati n klo saya starter mesin lagi,rpm masih ga kuat naik n klo beberapa kali starter,baru bisa nyala n rpm bisa naik klo di gas..itu gmn mas kira2 masalahNy?makasih bgt mas sblumNy..

Anonim mengatakan...

saya EVAN : makasih sebelumNy mas..thread diatas adalah pertanyaan dari saya,pemilik trajet 2.0 thn.2003 !! apabila mas tidak keberatan,bisa minta kirimkan usulan n solusi dari mas ke email saya di jueveliercarneux@yahoo.com !!sekalian apabila tidak merepotkan,bisa kasih tau saya solusi dr masalah mobil saya,bengkel yg jujur,bagus dan murah yang anda referensikan untuk saya yg bisa perbaikin mobil saya dengan harga2ny sebagai referensi untuk saya..trimakasih sebesar2nya untuk anda.

Dedy mengatakan...

Salam kenal.
Saya pengguna trajet GLS tahun 2001 Matic, mau tanya gimana caranya menambah akselerasi agar trajet saya lebih responsif terutama pada putaran bawah.
Demikian terima kasih.

Dedy mengatakan...

Salam kenal,

Saya Dedy, pengguna hyundai trajet 2.0 GLS tahun 2001. mohon perkenan untuk memberikan sedikit pencerahan kepada saya cara yang efektif meningkatkan akselerasi trajet saya supaya lebih responsif terutama di putaran bawah.
Maklum baru kali ini saya merasakan mobil kurang responsif karena baru kali ini saya pakai transmisi Matic.

Demikian, atas perkenannya saya sampaikan banyak terima kasih.

dika mengatakan...

salam kenal,

saya yanto,saya punya hyundai trajet thun 2003, maslah saya klo cuaca panas dan mesin sudah panas dalam kondisi menggunakan ac,mesin mobil sering mendadak mati..setelah di diamkan sebentar baru nyala lg,itu udah sering bgt..mohon bantuannya.

terima kasih.

Anonim mengatakan...

Salam kenal Mas, saya pengguna Trajet'01 shock sdh saya ganti dike-4 roda, tie road, balljoint, karet stabilizer juga sudah diganti. Setelah diganti semua memang uenak tenan tumpakane, tapi setelah -/+ 2 bulan disebelah kiri depan muncul dug... setiap melewati polisi tidur (jarene trajet kelemahane disebelah kiri depan, opo iyo?) kenapa? padahal cara bawa mobilnya sudah pelan2. Terimakasih

Anonim mengatakan...

Salam Kenal Mas.... Mau Tanya , mungkin punya pengalaman yg sama...Saya pengguna Trajet Matic th 2001, belakangan ini mesin mobil tiba tiba sering mati saat sedang berjalan, kalau di starter ulang ,mesin ndut ndutan...setelah di gas sampai ke rpm 4000,kadang kadang mau stabil kembali... kira kira apa yg harus saya periksa yaa... terima kasih atas bantuannya... wassalam

Anonim mengatakan...

Permisi, bgmn caranya mengetahui bahwa timing belt itu msh bagus apa sdh hrs ganti selain dari kilometer dan waktu? trims...

Anonim mengatakan...

Mas Yanto, saya punya Hyundai Trajet 2002 AT. Kondisi akhir-akhir ini, mobil sering mati ketika kondisi panas dan tidak bisa langsung dinyalakan, bahkan kadang2 dalam mesin dingin, mau dipanaskan susah nyalanya. Masalah kita hampir sama ya Mas. Apakah sudah ada solusinya? Trims. Email saya ridwanmartakusumah@gmail.com

Anonim mengatakan...

Wah lumayan ilmunya nih om ijin yah di copas. oia, untuk para pengguna trajet ada info menarik nih, apabila ada kendala di trajetnya atau mau kongkow sama rekan2 trajet yang lain coba aja klik http://www.trajetfamilyclub.com/ dan jangan sungkan kalo mau gabung....

Salam susah senang sama-sama....TFC 386

Anonim mengatakan...

Salam kenal agan2 semua....saya punya trajet 04 AT...ada yg mau saya tanyakan..apabila baru di panaskan pagi hari mbl saya tenaganya normal...tapi kalo sudah jalan 2 jam tenaganya berkurang jauh dan lumayan cukup boros (apalagi kalo diajak nanjak..berat bgt)
Mohon pencerahannya

Terima kasih

Anonim mengatakan...

GAN MOBIL TRAJET SAYA ADA MASALAH CEK ENGINE GA MAU NYALA MESIN JUGA GA MAU HIDUP. KIRA KIRA APANYA YA YANG RUSAK. TRIMS

armin natuna mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
armin natuna mengatakan...

klo posisi suhu mesin Hyundai Trajet hampir setengah kira2 Normal gak sih....

Muiz A Murtadho mengatakan...

Hal serupa terjadi pd trajet sy thn 2001, tp alhamdulillah berkat montir yg baik diagnosanya ternyata cukup ganti busi sj. Katanya businya jelek walau baru ganti

nanda farizan mengatakan...

mobil trejet saya kena mesin pompa air nya , harga nya mesin pompa nya brpa ya gan ?

Muiz A Murtadho mengatakan...

harga waterpump (pompa air) trajet th 2001 yg ORI 900rbuan, yg MOBIS 450rbuan dan yg KW by Korea 275rb

Poskan Komentar